Pengertian Gempa Bumi, Penyebab Dan Akibatnya

Pengertian Gempa Bumi, Penyebab,Akibatnya Dan Tips Penaggulangan Gempa bumi

Pengertian gempa bumi merupakan sebuah bencana yang terjadi pada muka bumi, dengan penyebab gempa bumi yang sering terjadi pada wilayah-wilayah dengan zona rentan terhadap gempa bumi. Pada sejarah manusia gempa bumi sudah sering terjadi dengan skala yang kecil hingga sangat besar yang membuat akibat gempa bumi menjadi bencana yang tidak terlupakan, karena menelan banyak korban jiwa, kerusakan-kerusakan dan masih banyak lagi.

Penyebab Gempa Bumi

Pengertian gempa bumi adalah sebuah fenomena alam berupa getaran yang dirasakan pada permukaan bumi yang terjadi karena gelombang seismik dari dari sumber gempa pada lapisan kulit bumi. Penyebab gempa bumi adalah guncangan yang terjadi pada permukaan bumi yang diakibatkan oleh pelepasan energi dari dalam pusat gempa bumi secara tiba-tiba. Getaran tersebut dapat diukur besar kecilnya, dengan alat pengukur yang disebut Seismometer.
Pusat gempa di bagi menjadi 2 bagian didalam bumi yaitu :
  1. Hiposentrum – sumber gempa bumi yang berada didalam bumi
  2. Episentrum – Pusat gempa pada permukaan bumi atau pada dasar permukaan laut.

penyebab gempa bumi

Klasifikasi gempa bumi berdasarkan hal berikut :
Gempa Bumi Tektonik – Terjadi karena adanya aktivitas pergerakan, yang membuat pergeseran terhadap lempeng-lempeng tektonik secara tiba-tiba. Jenis gempa bumi tektonik adalah gempa yang paling banyak menyebabkan kerusakan, seperti gempa di Yogyakarta dan Kebumen.
Gempa Bumi Vulkanik – Gempa yang terjadi karena aktivitas vulkanik lahar atau magma di perut bumi yang banyak terjadi pada Gunung gunung tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Ketika aktivitasnya semakin tinggi, gunung akan meletus yang disertai dengan terjadinya gempa bumi.

Akibat Gempa Bumi

Setiap bencana alam menimbulkan dampak pada kehidupan di muka bumi ini, begitu juga dengan akibat gempa bumi yang berbeda pada setiap gempa bumi :
Akibat gempa tektonik – menyebabkan kerusakan yang parah pada bangunan, muka bumi (retak, longsor, merosot) dan lingkungan. Mampu menyebabkan tsunami, yaitu gelombang tinggi dan menghancurkan ketika mendekati dan mencapai garis pantai.
Akibat gempa vulkanik – Letusan gunung dapat membahayakan mahluk hidup dan lingkungan yang disebabkan oleh bahan-bahan yang dikeluarkan. Bila terjadi vulkanik di laut maka dapat menimbulkan gelombang pasang seperti Gunung Krakatau.

Tips Penaaggulangan Gempa Bumi

Jika gempa bumi menguncang secara tiba-tiba, berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan di manapun anda berada.
  • Di dalam rumah
Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal. Jika anda sedang menyalakan kompor, maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.
  • Di sekolah
Berlindunglah di bawah kolong meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, jangan panik, jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh ke pintu, carilah tempat lapang, jangan berdiri dekat gedung, tiang dan pohon.
  • Di luar rumah
Lindungi kepala anda dan hindari benda-benda berbahaya. Di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan, tas atau apapun yang anda bawa.
  • Di gedung, mall, bioskop, dan lantai dasar mall
    Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari petugas atau satpam.
  • Di dalam lift
Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa bumi atau kebakaran. Jika anda merasakan getaran gempa bumi saat berada di dalam lift, maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika anda terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.
  • Di kereta api
Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.
  • Di dalam mobil
Saat terjadi gempa bumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.
  • Di gunung/pantai
    Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai, bahayanya datang dari tsunami. Jika anda merasakan getaran dan tanda- tanda tsunami tampak, cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi.
  • Beri pertolongan
    Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempa bumi besar. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian, maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang yang berada di sekitar anda.
  • Dengarkan informasi
Saat gempa bumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Anda dapat memperoleh informasi yag benar dari pihak yang berwenang atau polisi. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.
Previous
Next Post »